Monday, March 7, 2011

tentang clay


Kalau  kita mencari tahu arti kata clay, maka yang muncul adalah tanah liat. Tanah liat adalah material alam yang dapat diolah dan dibentuk sehingga menjadi berbagai tembikar atau yang sering juga kita sebut keramik.

Seiring dengan perkembangan dalam dunia kerajinan tangan, clay yang banyak digunakan saat ini bukanlah tanah liat dan bahkan tidak mengandung unsur tanah liat. Clay ini sering disebut dengan modeling clay. Walaupun tidak mengandung clay, tetapi di Indonesia dan di seluruh dunia tetap disebut dengan clay.

Modeling clay ini mudah dibentuk dan berdasarkan cara pengerasannya dibagi menjadi
2  jenis yaitu : 1. Baked clay.
Clay yang proses pengerasannya harus melalui proses pembakaran   antara 130 c˚sampai dengan 150 c˚. Jadi dapat mengunakan oven biasa. Tidak seperti tanah liat yang harus dibakar dengan oven khusus dengan panas tinggi. Baked clay ini juga dikenal dengan sebutan polymer clay yang terbuat dari bahan dasar partikel2 halus dari PVC (Polyvinyl Chloride).  Polymer clay yang terkenal di Indonesia adalah Sculpey dan Premo dari USA dan FIMO dari Jerman

          2.   Air Dry Clay.
Clay yang proses pengeringannya hanya dilakukan dengan membiarkan clay berada di udara terbuka dengan suhu ruangan. Dikenal huga dengan sebutan soft clay. Contohnya adalah Jumping Clay. Jumping clay akan mengeras sendiri dan jika kering akan menjadi ringan seperti gabus. Jika kita pergi ke toko penjual bahan kerajinan tangan, kita akan menemukan banyak sekali tipe air dry clay dengan berbagai merek yang berasal dari Jepang dan Korea.


Jenis clay yang umum kita jumpai adalah :
1.      Clay Plastisin / dough :
Clay plastisin ini biasa disebut juga lilin atau malam dan  biasa digunakan untuk mainan anak-anak. Banyak dijual di toko dalam berbagai warna. Lunak dan mudah dibentuk, tetapi tidak dapat dipanggang dan hasil pengerasannya tidak sempurna. Plastisin memang clay yang dipergunakan untuk dapat dibentuk ulang berkali-kali. Tidak untuk dikeraskan.

2. Paper clay:
Sesuai namanya clay ini terbuat dari kertas. Paper clay yang siap jadi dan sudah dikemas, biasanya mengandung campuran gips (batu kapur). Dapat keras sempurna melalui proses pengeringan udara. Pewarnaan dapat dilakukan setelah kering atau  sebelum dikeringkan.

3. Flour clay :
Bahan dasar clay ini adalah tepung sehingga disebut juga clay tepung.  Bisa tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka atau tepung maizena/jagung. Untuk membuat adonan clay tepung bisa hanya menggunakan satu jenis tepung atau kombinasi lebih dari satu jenis tepung yang kemudian dicampur dengan lem putih.  Belakangan ini juga populer kerajinan tangan nendo yang berasal dari Jepang. Nendo juga termasuk clay tepung, karena bahan dasarnya adalah roti (terbuat dari tepung)

     4. Soap clay :
    Soap clay terbuat dari bahan dasar sabun dan sesuai artinya di Indonesia dikenal
    dengan  sebutan clay sabun. Hasil akhir clay sabun tentu saja wangi.


Art clay dari BB [bi-bi] clay

BB [bi-bi] clay bergerak dalam home industri clay sejak tahun 1997 dan  sejak Oktober 2010 telah memproduksi Art Clay. Art Clay dikemas dalam satu kantong yang berisi bubuk clay dan binder (pengikat bubuk clay). Membuat adonan Art Clay sangat mudah, tinggal mencampur bubuk clay dengan binder. Untuk menjaga agar tidak lengket di tangan, gunakan sedikit lotion atau minyak. Tingkat kelenturan bahan adonannya, disesuaikan dengan selera masing-masing. Proses pengerasannya hanya dengan didiamkan di suhu udara terbuka. Sedangkan untuk pewarnaan dapat menggunakan cat air, cat minyak atau  pewarna makanan. Pada saat kering, warna akan berubah setingkat lebih pekat. Hasil jadinya akan mengeras sempurna dan akan lebih baik jika dilapisi dengan pernis atau di pilox.

Art clay dari BB [bi-bi] clay adalah sarana untuk mengekspresikan seni dan kreatifitas. Tidak terbatas untuk usia tertentu.  Art Clay dapat digunakan untuk membuat berbagai hiasan, perhiasan dan keperluan pembuatan model lainnya.
Untuk anak-anak balita juga dapat menjadi sarana melatih motorik halus.
Harga Art clay dari BB [bi-bi] clay  relatif terjangkau dan mudah diperoleh melalui pemesanan lewat sms : 0251 7111884










i thank you for visiting my blog. your comment will make me happy

4 comments:

jerry said...

Follow sukses di #6, ditunggu re-follownya di http://majapahit1478.blogspot.com. Salam persahabatan. Thanks.

Anonymous said...

hi...blog yang menarik...aku juga minat akan clay...
aku nampak boleh dapat ebook untuk clay betul? bolehkah send to my email eelin.teng@my.panasonic.com? terima kasih...

Unknown said...

plastisin yg bs nempel dikertas, namanya apa ya?
ada prakarya ni.. pke plastisin. tp kok berminyak jd ga bs nempel.

Unknown said...

Dear Ika...salam kenal ya. Trima kasih sudah melihat blog (yang seadanya ini) maaf..enggak tahu plastisin apa yg bisa nempel di kertas.. seperti apa proyek prakarya nya ? Kalau membuatnya pakai clay yang air dried ataupun yg baked clay.. pasti bisa menempel di kertas

Salam. Beta -https://m.facebook.com/bibiclay